Keberadaan blackheads dan whiteheads di wajah tetap sangat mengganggu. Blackheads yang terlihat seperti bintik-bintik hitam pada wajah adalah jenis komedo yang terbuka yang sebenarnya adalah folikel rambut yang lebih besar dari folikel lain, sementara whiteheads atau komedo tertutup adalah jenis jerawat ringan yang terlihat seperti benjolan kecil berwarna putih di kulit. Meskipun berbeda, akan tetapi keduanya sama-sama disebabkan oleh pembentukan minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang menjadi satu pada pori-pori.Menghilangkan blackheads dan whiteheads, memang nggak bisa dilakukan secara instan, karena keduanya sangat mudah untuk muncul kembali. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang rutin untuk menghilangkan dan mencegah kemunculannya kembali. Berikut ini adalah langkah-langkah efektif untuk menghilangkan keduanya.

1. Hindari pemakaian produk makeup dan skincare yang mengandung minyak

Produk-produk makeup dan perawatan kulit yang creamy dan oily bisa menimbulkan blackheadsdan whiteheads karena kandungan minyaknya bisa menyumbat pori-pori wajah. Sebaiknya, pilih produk makeup, krim wajah, dan tabir surya yang memiliki keterangan noncomodogenic pada kemasannya. Produk-produk noncomodogenic nggak mengandung minyak sehingga nggak akan menyumbat pori-pori wajahmu. Pastikan juga bahwa kamu selalu membersihkan peralatan makeup seperti brush dan sponge secara teratur, karena bakteri-bakteri yang menempel padanya bisa menyebabkan timbulnya blackheadswhiteheads, dan jerawat.

2. Bersihkan wajah dua kali dalam sehari menggunakan pembersih wajah yang ringan

Blackheads dan whiteheads berkembang ketika produksi minyak berlebihan, bakteri, dan sel kulit mati terjebak di dalam pori-pori. Kamu bisa menghilangkan penumpukan tersebut dengan mencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari. Gunakan sabun wajah atau toner yang bahannya ringan agar kulit nggak gampang kering dan iritasi. Jangan mencuci muka lebih dari dua kali dalam sehari, karena ini bisa membuat kulit wajah mengering sehingga minyak yang dihasilkan akan menjadi lebih banyak. Akibatnya, whiteheads akan semakin betambah.

3. Lakukan steam untuk wajah satu kali dalam seminggu

Berikan uap untuk wajah setidaknya seminggu sekali. Caranya dengan meletakkan wajahmu di atas semangkuk air panas dan biarkan uap airnya mengenai wajahmu. Supaya hasilnya maksimal, kamu bisa melakukan scrub dengan menggunakan madu dan gula untuk menghilangkan blackheads dan melembutkan kulit wajahmu.

4. Gunakan krim wajah yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat

Benzoil peroksida merupakan salah satu kandungan paling efektif yang bisa menghilangkan whiteheadsblackheads, dan jerawat kistik. Kandungan ini bekerja dengan membunuh bakteri dipermukaan kulit, dan membukan genangan minyak bersamaan dengan sel-sel kulit mati dari pori-pori. Selain benzoil peroksida, kandungan asam salisilat yang ada pada krim anti-acne juga ampuh menghilangkan blackheads dan whiteheads. Kandungan ini juga bisa memperlambat penumpukan sel kulit di folikel rambut sehingga mencegah penyumbatan di pori-pori. Akan tetapi, pastikan bahwa kamu menggunakan kedua krim ini hanya pada area yang ditumbuhi whiteheadsdan blackheads saja, bukan di seluruh area wajah.

5. Gunakan scrub satu kali dalam seminggu

Lakukan eksfoliasi seminggu sekali dengan menggunakan facial scrub yang banyak dijual di pusat perbelanjaan atau bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti gula dan madu. Pengelupasan kulit sangat penting dalam menghilangkan blackheads dan whiteheads, karena partikel di pori-pori mungkin sangat lamban untuk keluar dari pori-pori.

6. Gunakan masker pengangkat komedo atau bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan masker pengangkat komedo yang bisa kamu beli di toko kecantikan atau secara online (tetapi pastikan keaslian produknya!). Kamu hanya perlu mengaplikasikannya pada wajah secara lansgung dan mendiamkannya hingga kering. Kemudian, kamu tinggal mengangkatnya secara perlahan dan langsung bisa melihat blackheadsdan whiteheads-mu yang terangkat. Kamu juga bisa membuat masker alami sendiri di rumah dengan menggunakan putih telur dan madu. Hasilnya bakal bikin puas!

7. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat

Selain melakukan perawatan dari luar, tentu saja kamu perlu menyeimbanginya dengan melakukan perawatan dari dalam juga. Pola hidup yang sehat bisa memberikan efek yang positif untuk kulit. Meskipun makanan berminyak nggak terlalu berkontribusi pada komedo dan jerawat, namun pada sebagian orang, apa yang mereka makan punya efek yang signifikan pada kulit mereka. Sebaiknya atur pola makan menjadi lebih sehat dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan. Lakukan olahraga teratur untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Batasi makanan manis, pedas, dan berlemak. Jangan lupa untuk tetap terhidrasi dengan menjaga asupan air mineral setiap harinya.

Sources: http://miignon.com/

 

Dapatkan Penyedut Blackhead Sekarang. Pulihkan Kecantikan dalam 7 hari!